Minggu, 10 April 2016

ternak bebek entog sederhana

salam jumpa lagi para blogger

ini adalah blog saya yang kedua mengenai tentang bebek entog,
bebek entog sekarang makin di gandrungi sama pecinta kuliner di kota kota besar di indonesia, termasuk saya hehhe,

nah sekarang kita lihat dari segi sisi bisnisnya yang sangat menggiurkan, berhubung menjamurnya restoran restoran yang menyediakan menu utamanya dari bebek entog.
tapi peternaknya masih jarang di indonesia soalnya banyak yang tidak sanggup memberi pakannya, bahkan teman saya aja rugi sampe 20jt loh, hanya karena kurang menyiasati pada pakan.
saya juga pertama - tama kewalahan bahkan hampir bangkrut gara2 pakan.
kebutuhan pakan entog sehari itu 1/2kg dedak, dan sayuran.
jika harga dedak Rp.2000(bahkan sekarang di tempat saya sudah Rp.3000) berarti jumlah biaya pakan entog untuk sebulan berkisar antara Rp.30.000-45.000 itu sangat memberatkan untuk peternak pemula.

lalu saya menyiasatinya dengan memberi ampas tahu dan biaya pakan lebih hemat sampai 80%,
pada awalnya bebek entog tidak suka dengan ampas tahu, tapi setelah dia merasa lapar sekitar 2-3 hari akhirnya habis juga tuh ampas tahu tapi harus di campuri dedak juga ya, soalnya kasian.

memang ada perbedaan untuk bebek entog yang di kasih ampas tahu sama yang di kasih full dedak,
yang dikasih hampas tahu lebih telat pertumbuhannya, tapi demi menghemat biaya lebih baik dikasih hampas tahu.

ampas tahu saya beli sekarung itu harganya Rp.20.000 beratnya hampir 40kg, untuk bebek entog 12 ekor untuk stock 7 hari,
ini entog ane gan jumlahnya 12 ekor, tapi yg kepoto cuman 6 ekor soalnya gak ngumpul hehehhe,,,,sekian dulu tentang bebek entog, besok ane sambung dah, soalnya udah malem

salam sukses

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar